Kamis, 25 April 2013

TUGAS IBM


Pertanyaan: Coba tanggapi untuk semua kelompok pernyataan ini "kedudukan guru mencerminkan profesionalitasnya, namun masih saja terdapat oknum guru yang menjadi "tim sukses" untuk Ujian Nasional anak didiknya." Kira-kira dalam hal ini siapa yang harus dibenahi?
Jawaban:
Karena kemampuan siswa berbeda-beda. Jadi guru khawatir siswa mereka tidak lulus seratus persen. Oleh karena itu, selalu ada kecurangan yang terjadi. Jika guru tidak membantu siswanya ada juga orang tua siswa yang datang ke sekolah agar anaknya dibantu oleh guru saat UN. Bahkan ada yang mengancam. Akhirnya sekolah pun menyuruh para guru untuk membantu siswanya.
Menurut kami yang harus dibenahi adalah semuanya, baik sistem UN, siswa, guru, orang tua serta pemerintah.
1)      Sistem UN
Sistem UN sekarang sudah bagus, namun harus dibenahi lagi. Nilai UN dan raport sudah digabung menjadi satu untuk menentukan kelulusan siswa.  Seharusnya jika ada siswa tidak lulus, ada remedialnya. Karena kemampuan setiap siswa itu berbeda-beda.
2)      Guru
Mungkin karena pengaruh lain yang menyebabkan guru tidak tega kepada siswanya. Sekolah juga tidak ingin malu karena siswanya tidak lulus UN. Sebaiknya guru dalam hal ini tidak seharusnya membantu siswanya UN. Karena bisa membuat mental siswa menjadi manja dan tidak jujur. Oleh karena itu, sebagai guru harus meningkatkan professionalitasnya dalam mengajar, buatlah siswa semangat dalam belajar dan paham apa yang dipelajari. Buatlah siswa percaya akan kemampuannya sendiri.  
3)      Siswa
Siswanya juga harus rajin belajar, jangan hanya mengharap bantuan dari guru, siswa juga perlu belajar mandiri, yakin dengan kemampuan diri sendiri.
4)      Orang tua
Orang tua tidak boleh menyalahkan guru, sekolah maupun anaknya. Orang tua tidak boleh meminta guru membantu siswa saat UN, tapi Orang tua juga harus mengerti dan membimbing anaknya dalam belajar karena peran orang tua itu lebih utama dalam membimbing anak.
5)      Pemerintah
Pemerintah juga harus lebih dalam hal memberikan fasilitas, tidak mungkin siswa UN di sekolah yang tidak layak.  Tempat belajar yang nyaman sangat diperlukan siswa, dan fasilitas belajar lainnya juga harus lengkap agar siswa mudah dalam belajar, karena media pembelajaran itu tidak hanya guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar